UNIKAMA – Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-Paud) menggelar kegiatan Kecendiakawanan di PAUD Nurul Barkah Bululawang pada (11/10/2022) lalu. Kegiatan yang bertema “Mahasiswa Sehat, Cerdas, dan Berkarakter” ini melibatkan mahasiswa baru Prodi PG-Paud sebanyak 63 orang serta Himpunan Mahasiswa Prodi (HMPS) PG-Paud.

Ketua Program Studi PG-Paud, Henni Anggraini, M.Psi., menjelaskan bahwa kegiatan ini di ikuti acara Temu Akrab dengan mahasiswa baru sekaligus mengenalkan mereka langsung pada Pendidikan PAUD.

“Kegiatan ini adalah program Prodi PG-Paud yang bersifat tahunan dan wajib di ikuti. Dalam program ini dosen bersama HMPS PG-Paud mengajak mahasiswa baru terjun langsung kelapangan. Tujuannya adalah untuk membentuk perilaku dan karakter mahasiswa agar dapat meningkatkan kepedulian terhadap pengembangan lembaga PAUD serta masyarakat sekitar.” tuturnya

Kegiatan di PAUD di isi dengan pengenalan siswa PAUD yang di ikuti oleh Dosen, HMPS, dan mahasiswa baru PG-Paud serta guru-guru PAUD. Dari sini mahasiswa baru bisa memahami bagaimana cara berinteraksi dengan anak-anak serta mengenal metodologi proses belajar mengajar.

“Yang perlu dipahami dalam mengajar PAUD adalah mempelajari karakteristik belajar anak usia dini. Secara garis besar dimulai dari memahami tahapan anak dalam belajar, cara berpikir anak, hingga cara bersosialiasi anak.” tambahnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Arum Nur Hidayah juga menerangkan dari kegiatan pengabdian masyarakat di PAUD ini diharapkan mahasiswa baru juga bisa langsung mempelajari bagaimana menjadi sosok guru bagi anak-anak di usia dini.

Setelah kegiatan bersama PAUD Nurul Barkah Bululawang dilanjutkan dengan acara Temu Akrab dengan mahasiswa baru yang dilaksanakan di Wisata Dempok, Kepanjen, Malang. Kegiatan di isi dengan materi  Leadership oleh Rina Wijayanti M.Psi serta sesi motivasi oleh alumni PG-Paud, Santi dianita M.Pd.


Prodi PG-Paud Unikama Ajak Mahasiswa Baru Pengabdian Masyarakat