UNIKAMA – Gelar Seminar Nasional dan Workshop di awal Tahun 2020, Prodi (Program Studi) PG PAUD (Program Guru Pendidikan Anak Usia Dini) berikan tips jitu cara mendongeng. Dengan mendatangkan pakar dongeng Nasional Bambang Bimo Suryono di Unikama (Universitas Kanjuruhan Malang).
Tidak semua Guru bisa mahir mendongeng, butuh teknik tersendiri untuk mendongeng pada anak usia dini.

“Mendongeng lebih disukai para siswa daripada pelajaran biasa yang diajarkan oleh guru. Tetapi dalam mendongeng guru harus mengetahui perasaan dan kadar akal anak-anak. Hal yang harus dilakukan pertama ialah membangun hubungan baik di awal,” ungkap Bambang Bimo Suryono.

Jika siswanya sudah percaya dan nyaman belajar dengan guru, disinilah peran guru diuji. Mereka harus memilih cerita yang sesuai dan menarik untuk anak-anak.

“Kedua, Anak-anak sangat menyukai cerita yang berhubungan dengan fabel, humor, dan kepahlawanan. Tetapi disini pahlawan dalam bentuk fiksi yang mudah diserap secara motorik oleh siswa,” paparnya.

Selain mendekati siswa dan memberikan cerita yang menarik, kiat ketiga yakni menyiapkan hadiah untuk siswa. Siswa yang paling tenang, antusias, dan bisa menjawab pertanyaan akan diberikan hadiah. Hal ini membuat siswa lebih semangat untuk mendengarkan dongeng.

“Guru PAUD harus terus mengembangkan diri dengan cara belajar dari pendongeng yang lebih berpengalaman. Semakin sering melihat dan bertanya maka skenario penceritaan akan semakin baik dan bertambah, ” tutup pendongeng Nasional asal Yogyakarta ini.

Sementara itu, Henny Anggraini, M.Psi selaku Kaprodi PG PAUD mengapresiasi kegiatan positif seperti ini. Menjadi Guru terutama untuk anak usia dini haruslah memiliki kreatifitas yang tinggi.

“Di era revolusi industri 4.0 ini penggunaan gadged semakin tinggi. Dari anak usia dini sudah mengenal dan bisa menggunakan gadget. Maka dari itu, kegiatan mendongeng ini harus selalu dilakukan guru tingkat PAUD untuk menjauhkan anak-anak dari terpaan gadget,” ungkapnya.

Kegiatan yang digelar oleh HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) PG PAUD ini diikuti oleh seluruh guru PAUD sekota Malang dan mahasiswa Unikama. Mereka sangat antusias, apalagi bisa mengetahui teknik mendongeng yang baik dan benar untuk diterapkan kepada siswanya.

Dengan adanya seminar dan workshop ini diharapkan bisa menambah skill dan kompetensi para guru PAUD dalam mendongeng.

“Bertambahnya skill bagi guru untuk bercerita akan menambah aspek kognitif, sosio emosional, dan berbahasa bagi anak,” tutup Henny.