1.Profil

Sebelum menjadi S1 PG PAUD, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) merupakan Program Studi yang bernama Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (PGTK) Jenjang Diploma II yang berada di lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kemudian dalam perkembangannya serta untuk merespon  Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14/2005 yang mensyaratkan guru minimal memiliki ijazah Strata 1, maka sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 100/E/O/2012 tentang Penyelenggaraan Program Studi PG-PAUD (S1) pada Universitas Kanjuruhan di Malang tertanggal 16 April 2012, sehingga Program D-II PGTK FKIP Universitas Kanjuruhan Malang resmi berubah menjadi Program Studi PG PAUD Strata I.

Visi

Pada Tahun 2025 menjadi program studi yang unggul dan menghasilkan sarjana PG-PAUD yang bermartabat, berdasarkan nilai-nilai budaya Indonesia dan profesi.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran anak usia dini yang unggul dalam akademik, etika, moral dan berkarakter kearifan lokal.
  2. Menyelenggarakan penelitian serta mengembangkan hasil penelitian di bidang PAUD.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengaplikasikan keilmuan di bidang pendidikan anak usia dini.
  4. Menjalin kemitraan dengan stakeholder untuk pengembangan program studi PG-PAUD.
  5. Menyelenggarakan tata kelola organisasi yang kredibel, transparan, akuntabel, dan bertanggungjawab.

Tujuan

Pencapaian visi dan keterlaksanaan misi tersebut diharapkan dapat mewujudkan tujuan program studi sebagai berikut:

  1. Menghasilkan tenaga pendidik professional dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
  2. Meningkatkan kualitas tenaga kependidikan yang bergerak di bidang pendidikan anak usia dini.
  3. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  4. Menciptakan suasana akademik yang kondusif bagi peningkatan produktivitas, kreativitas dan semangat berkarya bagi segenap sivitas akademika Program Studi PG-PAUD.

Kompetensi

Menguasai cara berfikir, teori, generalisasi, konsep, prosedur, dan fakta penting sebagai dasar pengembangan lebih lanjut. Memiliki pemahaman yang mendalam mengenai perkembangan kemampuan anak usia dini (usia 0-6 tahun).

 

Struktur Organisasi

slide1

Akreditasi Program Studi PG PAUD Universitas Kanjuruhan Malang

akreditasi-pg-paud