3.Kemahasiswaan

Alur Pendaftaran

Pada tahun Akademik 2013/2014 dan tahun akademik 2014/2015 penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan sesuai SK Rektor No. 617.a/VI.A2/UK-ML/XII.2013, sedangkan penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2015/2016 mengacu pada SK Rektor No.770/VI.A2/UK-ML/XII.2014. Mekanisme penerimaan mahasiswa baru secara umum melalui dua jalur, yaitu jalur Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK) dan jalur reguler. Khusus untuk Program Studi PG-PAUD, seleksi dilakukan melalui jalur tes dan jalur PMDK, dilaksanakan dalam 1 (satu) gelombang, dan seleksi yang dilakukan meliputi seleksi tertulis, praktik mengajar, tes kesehatan, dan wawancara.

 

alur-pmb

Prosedur pendaftaran bagi calon mahasisswa baru (maba) adalah :

  1. Mengakses alamat website PMB online hhtp://pmb.unikama.ac.id
  2. Melakukan regristasi baru
  3. Melakukan input data diri calon maba lengkap
  4. Mencetak formulir pendaftaran dan tagihan biaya pendaftaran PMB
  5. Calon maba melakuan pembayaran biaya pendaftaran di bank BNI 46 terdekat. Jika pembayaran berhasil maka mahasiswa akan mendapatkan pin token untuk melakukan verifikasi pembayaran
  6. Jika verifikasi pembayaran berhasil maka dapat cetak kartu ujian
  7. Calon mahasiswa baru datang ke bagian PMB dengan membawa kelengkapan administrasi pendaftaran untuk di validasi data oleh petugas
  8. Camaba melakukan tes dan apabila lulus akan di validasi oleh petugas dan dapat mencetak tagihan biaya pendidkna di http://pmb.unikama.ac.id
  9. Camaba melakukan pembayaran oada bank yang ditunjuk yaitu bank BNI 46 dan Bank CIMB Niaga
  10. Camaba melakukan regristasi di biro administrasi akadmeik (BAA) dan mendapatkan nomor pokok mahasiswa (NPM) dengan menyerahkan bukti pembayaran biaya pendidikan dari bank dan menyerahkan foto kopi ijasah yang dilegalisir.

Dengan sistem pendaftaran calon mahasiswa baru yang telah tersistematis akan mempermudah alur pendafatran dan mampu menjaring mahasiswa dalam jumlah yang banyak dan dengan pelayanan yang cepat.

Kegiatan Kemahasiswaan

Mahasiswa PG PAUD UNIKAMA, selain melaksanakan kegiatan akademik, juga mempunyai kegiatan lain yang mempunyai tujuan membina minat bakat, soft skill, dan memperoleh pelayanan dalam bentuk kegiatan pengembangan minat & bakat (ekstra kurikuler). Bentuk layanan tersebut adalah:

  1. Penyaluran minat dan bakat diwadahi dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM) seperti HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) PG-PAUD.
  2. Unit kegiatan mahasiswa Keagamaan, pecinta alam, kesenian, olahraga.
  3. Pembinaan Karir oleh Alumni

Sedangkan UKM untuk pengembangan kemampuan seni mahasiswa terdapat pada HIMPIS atau Himpunan Mahasiswa Pecinta Seni (HIMPIS) Whirama Mahecwara, yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa yang menunjang perkuliahan seperti mata kuliah Pengembangan Seni Tari Anak Usia Dini, dan secara umum untuk menghindari aktifitas yang mengarah pada kriminalitas.

 

a_ujian-seni-tari-mk-pengembangan-seni-tari-aud

Performance Mata Kuliah Pengembangan Seni Tari AUD

Secara spesifik, penyaluran minat dan bakat diwadahi dalam unit kegiatan mahasiswa (UKM) seperti HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) memiliki aktifitas rutin yang bertujuan untuk menambah wawasan keilmuan Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu Temu Akrab dan Bakti Sosial yang diselenggarakan setiap tahun.

 

img_20161020_085838

Temu Akrab dan Bakti Sosial Prodi PG PAUD Unikama 2016 di Pujon, Kota Batu

kecendekiawanan-sosialisasi-cuci-tangan

Temu Akrab dan Bakti Sosial Prodi PG PAUD Unikama 2015 di Gondanglegi, Kabupaten Malang